Rabu, 12 Oktober 2011

CIREBON Kampung Halamanku




Assalamualaikum.........
Hai semuanya ,apa kabar...? perkenalkan nama saya JA’FAR PANGESTU , say berasal dari kota cirebon ....
Saya ingin bercerita sedikit nih tentang kampung halamanku yaitu kota cirebon.....
Cirebon dikenal dengan nama Kota Udang dan Kota Wali. Selain itu kota Cirebon disebut juga sebagai Caruban Nagari (penanda gunung Ceremai) dan Grage (Negeri Gede dalam bahasa jawa cirebon berarti kerajaan yang luas). Sebagai daerah pertemuan budaya Jawa dan Sunda sejak beberapa abad silam, masyarakat Cirebon biasa menggunakan dua bahasa, bahasa Sunda dan Jawa.
Nama Cirebon berasal dari kata Caruban, dalam Bahasa Jawa yang berarti campuran (karena budaya Cirebon merupakan campuran dari budaya Sunda, Jawa, Tionghoa, dan unsur-unsur budaya Arab) atau bisa juga berasal

Cirebon merupakan tempat pertemuan dari berbagai perbedaan percampuran yang sangat menarik dari budaya masyarakat sunda yang beragama Islam, masyarakat Cina dan Hindu.
Cirebon mempunyai 4 keraton sekaligus di dalam kota, yakni Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Keraton Keprabon. Semuanya memiliki arsitektur gabungan dari elemen kebudayaan Islam, Cina, dan Belanda. Ciri bangunan keraton di Cirebon ialah selalu menghadap ke utara dan ada sebuah masjid didekatnya. Setiap keraton mempunyai alun-alun sebagai tempat berkumpul, pasar dan patung macan di taman atau halaman depan sebagai perlambang dari Prabu Siliwangi, tokoh sentral terbentuknya kerajaan Cirebon.
Tempat menarik yang dapat anda kunjungi di kota Cirebon antara lain Keraton Kanoman dan Kasepuhan, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Kelenteng kuno, Makam Sunan Gunung Jati dan gedung perundingan Linggarjati dan lain-lain.Selain wisata alam dan budaya, Cirebon juga merupakan tempat yang cocok untuk berwisata kuliner, terdapat beraneka ragam makanan khas yang bisa anda cicipi atau anda bawa bulang sebagai oleh-oleh, antara lain sega (nasi) jamblang, sega lengko, empal gentong, docang, tahu gejrot, krupuk mlarat, ketoprak Cirebon, bubur Cirebon, mie koclok Cirebon, dan lain-lain.

beberapa pertunjukan khas masyarakat Cirebon antara lain Tarling Tari Topeng Cirebon, Sintren, Kesenian Gembyung dan Sandiwara Cirebonan. Kota ini juga memiliki beberapa kerajinan tangan di antaranya Topeng CirebonLukisan Kaca, Bunga Rotan dan Batik
Salah satu ciri khas batik asal Cirebon yang tidak ditemui di tempat lain adalah motif Mega Mendung, yaitu motif berbentuk seperti awan bergumpal-gumpal yang biasanya membentuk bingkai pada gambar utama.
Motif Mega Mendung adalah ciptaan Pangeran Cakrabuana , yang hingga kini masih kerap digunakan. Motif tersebut didapat dari pengaruh keraton-keraton di Cirebon. Karena pada awalnya, seni batik Cirebon hanya dikenal di kalangan keraton. Sekarang dicirebon, batik motif mega mendung telah banyak digunakan berbagai kalangan. Selain itu terdapat juga motif-motif batik yang disesuaikan dengan ciri khas penduduk pesisir.
Selain itu, di cirebonjuga  terdapat beberapa stasiun televisi lokal seperti CIREBON Tv, Radar Cirebon Televisi (RCTV) dan DAIRI TV
.  Itulah kota  halaman ku yang memiliki  banyak kenangan bagi ku 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar